Beberapa Dampak Minum Kopi Berlebihan

Sabung Ayam Online – Kopi merupakan salah satu minuman favorit paling digemari sebagian banyak orang di seluruh dunia.

Beberapa Dampak Minum Kopi Berlebihan Sabung Ayam Online
Beberapa Dampak Minum Kopi Berlebihan – Sabung Ayam Online

Beberapa dari orang-orang mengawali hari dengan meminum secangkir kopi supaya dapat memulai aktivitas lebih segar. Meski begitu, ada beberapa dampak yang bisa terjadi jika kopi diminum berlebihan.

Kebiasaan mengonsumsi kopi umumnya dalam waktu singkat dapat meningkatkan kesiagaan seseorang dan dalam jangka panjang dapat menekan resiko terkena penyakit Parkinson, Batu empedu, batu ginjal, dan penyakit ginjal.

Akan tetapi di waktu yang bersamaan, konsumsi kopi dalam jangka panjang kerap dihubungkan dengan meningkatnya resiko terserang penyakit jantung, osteoporosis dan kadar kolesterol tinggi.

Berikut ini beberapa dampak yang akan terjadi pada tubuh kita, jika mengomsumsi kopi dengan berlebihan:

1. Biji kopi mengandung beberapa senyawa yakni kafein dan asam lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada organ perut. Dimana penyakit maag terjadi karena organ dalam perut sangatlah sensitif terhadap senyawa yang terdapat pada kopi.

Penyakit maag juga dipercaya disebabkan oleh bakteri bernama Helicobacter pylori yang sangat gemar dengan tingkat keasaman dari kopi.

2. Kopi dapat membuat perut menjadi mulas, hal ini disebabkan pengaruh kopi yang berfungsi melemaskan otot-otot yang berada di bagian bawah esofagus.

Dimana otot bagian bawah esofagus haruslah tetap menutup erat sejenak usai tubuh mencerna makanan untuk mencegah asam hydrochloric atau HCl masuk ke dalam esofagus dan membakar dinding sekitar esofagus. Hal tersebutlah yang membuat kita merasa mulas.

3. Mengomsumsi kopi pada pagi hari umumnya dalam keadaan perut kosong dapat menyebabkan peningkatan produksi asam HCl. Hal ini dapat menimbulkan masalah lantaran HCl bekerja mencerna makanan yang masuk

Jika tubuh sudah dipaksa menghasilkan HCl dalam jumlah banyak dikarenakan kopi di pagi hari, diyakini tubuh tidak lagi mampu memproduksi HCl yang cukup untuk mencerna makan siang dan makan malam.

Apabila tubuh mengalami kesulitan dalam mencerna protein akan sangat berbahaya, dimana kemampuan tubuh mencerna protein tergantung dari jumlah HCl yang diproduksi.

Makanan yang mengandung banyak protein bila tidak dicerna dengan benar maka dapat beresiko masuk kedalam usus kecil yang akan menyebabkan penyakit seperti perut kembung, pembengkakan, usus buntu hingga kanker usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *