Kisah Kegagalan Salah Satu Playmaker Terbaik Argentina Di Barcelona

Bandar Bola – Juan Roman Riquelme menjadi salah satu playmaker terbaik timnas Argentina yang pernah ada, namun karirnya berantakan di Barcelona.

Pria yang kini berusia 42 tahun tersebut punya kisah kelam ketika sinarnya memudar saat berkostum Barcelona.

Juan Roman Riquelme tampil luar biasa untuk Boca Juniors pada musim 1996 hingga 2002. Dia berhasil membawa Argentina menjadi kampiun di Piala Dunia U-20 tahun 1997. Boca Juniors juga tampil triginas di kompetisi domestik dan Copa Libertadores.

Tepatnya Juli 2002, Juan Roman Riquelme digaet Barcelona. Klub asal Catalan itu harus menghabiskan 11 juta euro pada saat itu untuk memboyong Juan Roman Riquelme dari Boca Juniors. Harga yang cukup mahal pada zamannya.

Kehadiran Riquelme disambut dengan harapan yang sangat tinggi. Akan tetapi, fakta yang terjadi dilapangan tidak sesuai dengan harapan. Penampilan Riquelme bersama Barcelona di bawah standar lantaran tak dimainkan di posisi terbaiknya.

BACA JUGA: ALASAN DIBALIK PENOLAKAN XAVI HERNANDEZ JADI PELATIH BARCELONA

Juan Roman Riquelme tiba saat Barcelona dibesut Louis van Gaal. Pelatih asal Belanda itu, kata Juan Roman Riquelme, mengakui tidak ingin membelinya dan dari sana semua masalah dimulai.

“Saya tidak berminat untuk membawamu ke Barcelona,” kenang Juan Roman Riquelme seperti yang dilansir Mundo Deportivo.

“Kamu memang pemain terbaik ketika menguasai bola, tapi ketika kamu tidak mendapat bola, maka kami kehilangan satu pemain di lapangan,” ujar Riquelme menirukan kata-kata Louis van Gaal.

Louis van Gaal lalu dipecat karena performa Barcelona tidak sesuai harapan di paruh musim. Los Cules menunjuk Radomir Antic sebagai pelatih baru. Harapan untuk Riquelme pun sempat hidup kembali.

Radomir Antic memasang Riquelme sebagai pemain inti. Tapi, usai menelan kekalahan memalukan 3-0 dari Sevilla di Camp Nou, kapten Barcelona meminta pelatih Serbia itu untuk mencadangkan Riquelme pada laga menghadapi Real Mallorca.

BACA JUGA: KISAH PELATIH BARU BARCELONA QUIQUE SETIEN YANG DITOLAK WATFORD

Barcelona menelantarkan begitu saja talenta besar yang dimiliki Juan Roman Riquelme. Dia lalu dipinjamkan ke Villarreal, dan Barcelona berhasil mendatangkan Ronaldinho dari Paris Saint-Germain.

Riquelme mencapai performa terbaiknya di Spanyol bersama Villarreal. Klub dengan julukan The Yellow Submarines itu pun akan selalu ingat pada sosok Riquelme. Sebab, Riquelme lah yang membawa Villarreal lolos hingga ke semifinal Liga Champions.

Riquelme mendapatkan apa yang dia mau selama di Villarreal. Dia memegang kendali utama aliran bola, bermain di posisi terbaiknya. Dia juga didukung rekannya asal Argentina seperti Rodolfo Arruabarrena, Juan Pablo Sorin dan Gonzalo Rodriguez.

Demikianlah artikel mengenai Kisah Kegagalan Salah Satu Playmaker Terbaik Argentina Di Barcelona yang dapat tim Agenbettingasia sajikan, Semoga dapat bermanfaat bagi para pencinta sepakbola.