Luis Milla Sebut Level Sepakbola Indonesia Jauh Tertinggal Dari Eropa

Bandar Bola – Eks pelatih timnas Indonesia asal Spanyol, Luis Milla menyebut jika level sepakbola Indonesia tertinggal jauh di bawah Eropa.

Begitu pula dengan level sepakbola Asia, yang menurutnya masih sangat jauh di bawah Eropa. Sebagai pelatih yang pernah menukangi tim berisikan pemain-pemain bintang seperti Juan Mata, Ander Herrera, Thiago Alcantara, Javi Martinez, Cesar Azpilicueta, hingga David De Gea di Timnas Spanyol U-21, Milla mengungkapkan perbedaan besar tersebut.

Milla dikontrak oleh PSSI pada tahun 2017 yang lalu. Selain menukangi Timnas Indonesia di level senior, pelatih berusia 54 tahun yang kini sedang menganggur itu juga membesut Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2017 serta Asian Games 2018.

Dalam karirnya di Indonesia, Milla sukses mengantarkan timnas meraih medali perunggu SEA Games 2017. Timnas Indonesia U-23 juga dibawanya sampai babak 16 besar di Asian Games 2018.

BACA JUGA: SHIN TAE YONG RILIS DAFTAR PEMAIN TIMNAS INDONESIA U-19 KE THAILAND

Sebelum menjabat sebagai juru taktik timnas Indonesia, Milla sempat melatih klub Uni Emirat Arab, Al Jazira FC. Oleh karena itu, Milla tentu sudah cukup paham tentang karakteristik sepakbola Asia secara keseluruhan, bukan hanya level Asia Tenggara saja.

Kendati diakui terus meningkat, tapi Milla menyebut jika level sepakbola Indonesia dan juga Asia masih cukup jauh tertinggal dari Eropa.

“Level Indonesia masih jauh tertinggal dari Eropa. Sama halnya dengan level sepakbola Asia ya, masih cukup jauh di bawah Eropa walau harus diakui levelnya terus mengalami peningkatan,” ungkap Milla.

“Secara keseluruhan sepakbola Asia jauh berbeda levelnya jika dibandingan dengan Eropa. Tapi mereka sudah berada di jalur yang benar, hanya saja dengan kecepatan yang berbeda,” tambah Milla lagi.

BACA JUGA: YOUNGSTER INDONESIA DIUNDANG TRIAL DI AJAX AMSTERDAM

Menurutnya, ada beberapa catatan yang patut diperhatikan di Asia. Salah satunya adalah memilih pelatih yang tepat untuk timnas. Ia memberikan contoh saat pertama kali datang ke Indonesia, di mana ketika itu Indonesia sedang bebenah usai lepas dari sanksi FIFA.

“Selain itu, yang harus mereka lakukan saat ini adalah memilih pelatih terbaik dan tepat untuk tim nasional mereka,”

“Saat masih melatih Indonesia, mereka belum mampu bersaing ditambah lagi dengan sanksi yang diberikan oleh FIFA. Sebenarnya Indonesia cukup terus meningkatkan tiga faktor yakni fasilitas, pelatih dan liga yang kompetitif untuk bisa maju dan bersaing di level internasional,” tutupnya.

Demikianlah artikel mengenai Luis Milla Sebut Level Sepakbola Indonesia Jauh Tertinggal Dari Eropa yang dapat tim Agenbettingasia sajikan, Semoga dapat bermanfaat bagi para pencinta sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *