Pernyataan Resmi Mesut Ozil Terkait Foto Kontroversialnya

Sabung Ayam Online – Sesaat sebelum pergelaran Piala Dunia 2018 dimulai, Mesut Ozil memicu perdebatan yang cukup ramai untuk sepakbola dan warga Jerman.

Pernyataan Resmi Mesut Ozil Terkait Foto Kontroversialnya Sabung Ayam Online
Pernyataan Resmi Mesut Ozil Terkait Foto Kontroversialnya – Sabung Ayam Online

Pemain tengah milik Arsenal itu ketahuan foto bersama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Banyak kubu lalu mengartikan bahwa aksi itu bermuatan politis dan mayoritas masyarakat Jerman tentunya tak bisa menerima Ozil masih membela timnasnya di Rusia juni lalu.

Asosiasi sepakbola Jerman, DFB dan Kanselir Jerman, Steffen Seibert, juga turut merespons apa dibalik dorongan Ozil sampai berfoto dengan Erdogan. Mereka takut nantinya foto tersebut memunculkan banyak kesalahpahaman, menilik gelandang berusia 29 tahun itu sangat tenar di Jerman maupun Turki.

Setelah sekian lama dibahas, Ozil, lewat akun resmi Twitternya, belakangan hari memosting pernyataan terbuka yang terdiri dari tiga bagian. Muatan surat itu menjelaskan secara terperinci terkait kontroversi fotonya bersama Erdogan.

“Seperti umumnya sebagian orang, nenek moyang tak cuma berasal dari satu negara saja. Sementara saya tumbuh besar di Jerman, latar belakang keluarga saya berasal dari Turki. Saya memiliki dua hati, satu Jerman dan satunya Turki. Sedari kecil, ibu saya mengatakan kepada saya untuk selalu menghargai dan tidak boleh mengabaikan asal saya, dan hingga kini nilai ini selalu saya pegang,” terang Ozil, dalam surat terbukanya di bagian awal.

“Pada Mei silam, saya berjumpa dengan Presiden Erdogan di London, saat menghadiri acara amal dan edukasi. Kami pertama kali bertemu pada tahun 2010 kala beliau dan Angela Markel menyaksikan pertandingan Jerman melawan Turki bersama-sama di Berlin. Sejak waktu itu, foto kami menjadi viral di media Jerman, dan banyak yang menuduh saya berbohong atau penuh dusta, namun foto kami tidak memuat politik,” sambungnya.

“Profesi saya adalah sebagai pesepakbola, bukan politikus, dan perjumpaan kami bukan sebuah bentuk dukungan politik. Kenyataannya, saat kami bertemu, pokok obrolan tetap sama, yaitu sepakbola karena beliau juga pemain sepakbola di masa mudanya,” tutup Ozil.

Beberapa jam usai mengeluarkan pernyataanterbuka pertamanya, Ozil kemudian memosting surat terbuka bagian kedua. Kali ini Ozil menyindir DFB, juga beberapa sponsor yang tidak mendukungnya selagi kekacauan berlangsung.

Sementara bagian terakhir belum dikeluarkan dan diperkirakan baru akan diungkap Ozil beberapa jam selang postingan bagian kedua. Diprediksi bagiann final ini merupakan gambaran mengenai kondisi psikologis dirinya, keluarganya, dan teman-temannya.

Pemain dengan sebutan ‘Burung Hantu’ itu diduga tampil buruk di Piala Dunia 2018 silam, lantaran terkena imbas langsung dari pemberitaan buruk tentang dirinya atas kasus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *