Daftar 10 Kuliner Legendaris Ciri Khas Kota Cirebon

Cirebon memang menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang juga jadi destinasi favorit para traveler. Selain keberadaan jalur Pantura atau batik Megamendung dengan motif menawan, Kota Wali ini juga dikenal memiliki banyak pilihan menu lezat dengan rasa otentik, lho.

Walau saat ini keberadaan restoran yang menawarkan hidangan modern, nyatanya kuliner enak khas Cirebon yang legendaris tetap eksis dan diminati.

Jangan ngaku pencinta kuliner Nusantara kalau belum mencoba satu dari 10 daftar kuliner enak khas Cirebon ini.

Sega jambang Cirebon
Sega jambang, Makanan Khas Kota Cirebon

1. Empal Gentong

Kalau suka dengan menu yang berkuah, boleh banget pilih menu satu ini. Yang membuat cita rasa empal gentong berbeda dengan kuliner lainnya adalah karena dimasak di atas kayu bakar dan gentong.

Aroma yang dihasilkan tentu jadi lebih sedap. Semangkok empal gentong akan diisi dengan potongan daging, jeroan sapi, dan lontong yang kemudian disiram dengan kuah kaldu santan yang gurih. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menikmati dengan kucai atau sambal.

2. Sega Lengko

Kalau kuliner legendaris yang satu ini rasanya cocok dimakan oleh kamu yang sedang menjalani program diet deh. Sebab, sega lengko atau nasi lengko terbuat dari bahan-bahan kaya serat dan rendah lemak.

Seporsi nasi lengko dihidangkan dengan nasi putih hangat, tempe goreng, tahu goreng, potongan timun, tauge rebus, dan bumbu pecel.

Taburan potongan kucai dan bawang goreng akan menambah kaya cita rasa dari sega lengko ini. Jangan lupa untuk menyertakan kerupuk ketika menikmatinya. Pasti lebih mantap.

3. Sega Jamblang


Siap-siap ketagihan deh saat menyantap kuliner legendaris satu ini. Sebenarnya, sega jamblang atau nasi jamblang adalah jenis makanan yang sangat sederhana.

Seporsi nasi dihidangkan bersama dengan berbagai pilihan lauk seperti tempe goreng, ikan asin, pepes, ayam goreng, udang, sate, semur, sayuran, sambal dan masih banyak lagi. Yang membuat istimewa adalah penggunaan daun jati sebagai wadah untuk menyajikan makanan ini.

4. Mi Koclok

Kalau Bandung punya mi kocok, Cirebon punya mi koclok. Walau punya nama yang hampir mirip, penyajian dari dua kuliner khas ini benar-benar berbeda lho.

Kalau melihat sepintas, mi koclok ini mirip dengan bubur ayam. Hal ini disebabkan oleh kuah kentalnya yang terbuat dari kaldu, santan, dan campuran tepung maizena. Sepiring mi koclok diisi dengan mi kuning, suwiran ayam, potongan telur, tauge, taburan daun bawang, serta bawang goreng. Hmm.. maknyus banget kan?

5. Tahu Gejrot

Kamu mungkin sudah pernah mencoba kuliner enak khas Cirebon yang satu ini. Selain di kota asalnya, tahu gejrot memang mudah ditemukan di tempat-tempat lain. Paling enak menikmati seporsi camilan ini saat sedang kumpul bersama teman atau keluarga.

Tahu gejrot terbuat dari potongan tahu goreng yang disiram dengan kuah manis yang terbuat dari air asam, gula jawa, dan kecap. Bumbu dari makanan ini cukup sederhana karena hanya menggunakan cabai rawit dan bawang . Walau begitu, rasa yang ditawarkan sangatlah spesial. Sebab, kombinasi dari rasa manis, asam, gurih, dan pedas berpadu dengan sempurna di mulut.

6. Bubur Sop

Ada banyak sekali jenis bubur khas Indonesia yang harus dicoba oleh kamu si pencinta kuliner. Salah satu yang wajib dijajal tentu saja bubur sop yang berasa dari Cirebon ini.

Yang membuat bubur sop ini berbeda dengan yang lain adalah penyajiannya yang menggunakan kuah kaldu gurih serta tauco. Selain nikmat, harga seporsi makanan ini juga cukup murah. Jadi, wajib banget memasukannya dalam kuliner yang harus dicoba saat liburan ke Cirebon.

7. Sate Kalong

Saat mendengar nama sate kalong, hal pertama yang terlintas di kepala kamu mungkin adalah kuliner ekstrem. Tenang, makanan satu ini aman dikonsumsi. Sebab, bahan dasarnya menggunakan potongan daging kerbau atau daging bukan kelelawar.

Alasan mengapa kuliner ini dinamakan sate kalong adalah karena makanan legendaris di Cirebon ini biasanya mulai dijual pada malam hari.

8. Serabi

Selain di Bandung atau Solopancake ala Indonesia juga bisa kamu temukan di Cirebon lho. Kuliner enak khas Cirebon ini punya dua varian cita rasa yaitu gurih dan manis.

Kalau yang gurih biasanya disajikan dengan orek tempe atau dage oncom. Sementara, yang manis dihidangkan dengan cara mencampurkan potongan gula merah ke adonan serabi saat dibakar. Soal rasa nggak perlu kamu tanya. Siap-siap nambah deh saat mencoba serabi nikmat ini.

9. Docang

Kulineran bisa jadi senjata ampuh untuk menghilangkan lelah setelah menjelajahi tempat wisata seru di Cirebon. Kalau menu-menu sebelumnya sudah pernah kamu coba, sekarang saatnya kamu mencicipi docang.

Docang adalah makanan khas Kota Udang yang terbuat dari potongan lontong, tauge, daun singkong, dan kerupuk yang disiram dengan kuah oncom serta taburan kelapa. Sayangnya, menu sederhana dengan rasa otentik khas Cirebon ini mulai jarang ditemukan.

10. Empal Asem

Sama seperti kuliner enak khas Cirebon sebelumnya. Empal asem ini punya beberapa kemiripan dengan empal gentong. Sama-sama menggunakan daging dan jeroan sapi sebagai bahan dasarnya.

Hanya berbeda di kuahnya. Empal asem menggunakan kuah kaldu bening yang gurih. Selain itu, semangkok empal asem juga disajikan dengan tomat dan blimbing wuluh supaya rasanya lebih segar.

Sabung ayam online, Berikut yang kami cantumkan diatas adalah menu-menu 10 makanan khas kota Cirebon yang harus anda coba sebagai pecinta kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *